Jumat, 24 Juni 2011

RELEGIUSITAS / KEBERAGAMAAN DALAM ISLAM.

 Religiusitas / keberagamaan adalah pelaksanaan ajaran agama Islam yang dilakukan oleh manusia. Dalam religiusitas dibagi mjd 5 unsur :

1. Unsur akidah : menyangkut masalah keyakinan manusia terhadap rukun iman(iman kepada Allah, malaikat, kitab-kitab, Nabi, hari pembalasan, serta qadha&qadar).

2. Unsur ibadah : berkaitan dengan frekuensi, intensitas dan pelaksanaan ibadah seseorang. Misalnya ; seorang muslim yang beribadah kepada Allah swt. dengan sholat (lima waktu, rawatib, dhuha, tahajud, dll), membaca dzikir, berdoa, rajin berpuasa dan berzakat.

3. Unsur amal (pengamalan) : menyangkut tingkah laku dalam kehidupan bermasyarakat. Misalnya ; ramah dan baik terhadap orang lain, menolong sesama, disiplin dan menghargai waktu, bersungguh-sungguh dalam belajar dan bekerja, bertanggung jawab, dapat dipercaya, menghargai orang lain, tidak melecehkan orang lain, menjunjung tinggi etika Islam dalam seluruh aspek kehidupan, dsb.

4. Unsur Ihsan (penghayatan) : mencakup perasaan dekat dengan Allah, perasaan nikmat dalam melaksanakan ibadah, tersentuh atau tergetar ketika mendengar asma-asma Allah & perasaan syukur atas nikmat yang dikaruniakan Allah dalam kehidupan kita.

5. Unsur ilmu (pengetahuan) : menyangkut pengetahuan & pemahaman kita terhadap  ajaran-ajaran Agama Islam. Adapun secara garis besar ilmu agama Islam meliputi 4 bidang yaitu; akidah, ibadah, akhlak, serta pengetahuan Al-Qur`an & Al-Hadis.

 Semoga dengan unsur-unsur religiusitas tersebut kita dapat menjadi insan yang mempunyai kesadaran beriman dalam menjalankan ajaran agama Islam, sehingga kita menjadi hamba Allah yang bertakwa & berakhlak mulia. Amiin.

Dibuat pada : 26/04/2011
Oleh : Centra Hana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar