Jumat, 24 Juni 2011

Apa Salahnya Menangis ?

Apa salahnya menangis, jika dengan menangis itu manusia menjadi sadar. Sadar akan kelemahan-kelemahan dirinya, saat tiada lagi yang sanggup menolongnya dari keterpurukan selain Allah swt. Kesadaran yang membawa manfaat dunia dan akhirat.

Bukankah kondisi hati manusia memang tidak pernah stabil ? selalu berbolak-balik menuruti keadaan yang dihadapinya. Ketika seseorang menghadapi kebahagiaan maka hatinya akan gembira dan saat dilanda musibah tidak sedikit orang yang putus asa bahkan berpaling dari kebenaran. 

Sebagian orang menganggap menangis itu adalah hal yang hina, ia merupakan tanda lemahnya seseorang. Bagi seorang muslim yang mukmin, menangis merupakan buah kelembutan hati dan pertanda kepekaan jiwanya terhadap berbagai peristiwa yang menimpa dirinya. Seorang mukmin sejati akan menangis dalam kesendirian, dikala berdo’a kepada Allah swt. Sadar betapa berat tugas hidup yang harus diembannya didunia ini. 

Menangis merupakan sebuah bentuk pengakuan terhadap kebenaran. Allah swt. Berfirman dalam Q.S. Al-Maidah : 83 :

“ Dan apabila mereka mendengar apa yang diturunkan kepada rasul (Muhammad), kamu lihat mata mereka mencucurkan air mata disebabkan kebenaran (Al-Qur’an) yang telah mereka ketahui (dari kitab-kitab mereka sendiri) seraya berkata : “Ya Robb kami, kami telah beriman, maka catatlah kami bersama orang-orang yang menjadi saksi (atas kebenaran Al-Qur’an dan kenabian Muhammad)”.

Orang yang keras hatinya, akan sulit menangis saat di bacakan ayat-ayat Allah. Barangkali diantara kita yang belum pernah menangis, maka :

·         menangislah disaat membaca Al-Qur’an,
·         menangislah ketika berdo’a di sepertiga malam terakhir,
·         menangislah karena melihat kondisi umat yang terpuruk,
·         dan tangisilah dirimu sendiri karena tidak bisa menangis ketika mendengar ayat-ayat Allah.

Semoga dengan demikian dapat melembutkan hati dan menjadi penyejuk serta penyubur iman dalam dada. Ingatlah hari ketika manusia banyak menangis dan sedikit tertawa karena dosa yang diperbuatnya selama didunia. Sebagaimana Q.S. At-Taubah ;82 :

“ Maka meraka sedikit tertawa dan banyak menangis, sebagai pembalasan dari apa yang selalu meraka kerjakan “.

Jadi apa salahnya menangis ???

Dibuat pada : 26/04/2011
Oleh : Centra Hana




Tidak ada komentar:

Posting Komentar